JavaScript is required to view this page. Brown Stock

Jumat, 15 Oktober 2010

Brown Stock

Brown Stock adalah sejenis kaldu sapi yang berwarna kecoklatan dengan aroma yang kuat.
Biasanya Brown Stock disajikan pada masakan tertentu, terutama dalam sajian ala barat seperti untuk steak sauce. Untuk membuat Brown Stock, kita harus memanggang tulang sapi dalam oven hingga gosong dan membentuk karamel. Sehingga pada saat direbus akan menghasilkan aroma yang khas. Untuk memperkaya rasanya, dalam pembuatan Brown Stock juga ditambahkan aneka sayuran dan bouquet garni. Bouquet Garni adalah campuran sejenis sayuran penyedap rasa yang digunakan untuk menambah cita rasa kaldu atau sup, terdiri dari daun bawang prei, seledri, thyme, bay leaf, dan peterseli yang diikat menjadi satu atau dibungkus dengan kain tipis sehingga mudah diambil sebelum kaldu atau sup disajikan.

Bahan Brown Stock :

* 1 kg tulang sapi/veal
* 1 buah bawang bombay, potong-potong
* 2 buah wortel, potong-potong
* 2 batang daun bawang, potong-potong
* 1 batang seledri besar yang diiris kasar
* 6 butir merica yang ditumbuk kasar
* 1 ikat bouquet garni
* 2 sdm tomato paste
* 2.000 ml air

Cara Membuat Brown Stock :

1. Taruh tulang sapi/veal dalam pinggan tahan panas. Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celsius selama 20 menit. Taburi bawang bombay, wortel, seledri, dan daun bawang. Perciki dengan sedikit air hingga basah, lalu panggang lagi selama 20 menit. Aduk sesekali.
2. Pindahkan tulang beserta sayuran ke dalam panci, tambahkan 2.000 ml air, 6 butir merica, 1 ikat bouquet garni dan tomato paste. Masak di atas api kecil selama 3-4 jam.
3. Buang busa/kotoran yang mengapung di atas permukaan kaldu.
4. Saring, tekan2 ampasnya menggunakan sendok agar sari kaldu ikut larut. Buang ampasnya. Kaldu siap untuk digunakan

Untuk 1.500 ml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar